Buka-bukaan: Antara Saya dan Fiverr (Part 3)

Sumber: coursesave.com

Setelah sebelumya kita sudah kenalan dengan Fiverr di artikel pertama dari seri ini yang berjudul Buka-bukaan: Antara Saya dan Fiverr (Part 1) dan saya menceritakan bagaimana pertama kali saya bisa mengenal Fiverr dan akhirnya tertarik untuk membuat Gig pertama saya hingga berujung pada mendapatkan pembeli pertama kali saya di artikel berjudul Buka-bukaan: Antara Saya dan Fiverr (Part 2), kali ini saya akan sedikit bercerita tentang bagaimana proses saya sampai bisa naik level 1 dan level 2, dan hingga akhirnya dihargai sebagai Fiverr Rising Star.

Saya juga akan memperlihatkan laporan pendapatan ratusan dolar per bulan saya pada tahun pertama saya sebagai seller di Fiverr di bagian akhir dari artikel ini sebagai motivasi jika kamu tertarik untuk mulai berjualan apapun yang kamu punya atau bisa di Fiverr.beberapa tips yang akan memudahkan kamu, kalau kamu berminat untuk menghasilkan uang di Fiverr. Monggo dilanjutin…

Reputasi dan Leveling dalam Fiverr

Sumber: fiverr.com

Dalam proses membangun kepercayaan antara seller dan buyer, Fiverr membuat sistem rating dan leveling. Sistem ini merupakan salah dua cara bagaimana calon pembeli bisa memutuskan untuk megklik tombol order dan mempercayakan tugasnya kepada seller atau penjual.

Sumber: fiverr.com

Kamu bisa lihat pada gambar di atas, tepatnya di bagian profil, disitu tertulis “joined 2 months ago” yang berarti bahwa saya baru bergabung dengan Fiverr selama 2 bulan.

Dan di bagian atas kanan, tertulis “created about 1 month ago“, yang artinya Gig tersebut baru berumur 1 bulan.

Seperti yang saya ceritakan pada part sebelumnya, bahwa pada 1 bulan pertama, saya belum mendapatkan pembeli dan baru terjual untuk pertama kalinya pada bulan kedua.

Dengan Gig inilah saya mendapatkan pembeli pertama yang berlanjut hingga mendapatkan lebih dari seratus pembeli dalam waktu 1 bulan dengan mempertahankan pelayanan maksimal sehingga mendapatkan rating 100%.

Dalam satu bulan itu juga saya mendapatkan penghargaan hingga pada stats sebagai Level 2 Seller.

Fiverr Rising Star

Setelah kira-kira 2 bulan saya mempertahankan kualitas dari pelayanan saya, serta berkontribusi di dalam forum para seller Fiverr, tiba-tiba saya mendapatkan pemberitahuan dari pihak Fiverr bahwa saya mendapatkan penghargaan yang disebut Fiverr Rising Star.

screenshot-blog.fiverr.com 2016-08-30 21-54-41
Sumber: fiverr.com

Fiverr Rising Star adalah suatu penghargaan yang diadakan beberapa bulan bulan sekali. Penghargaan ini diberikan oleh Fiverr dengan mempostingnya di blog resmi Fiverr  kepada beberapa seller pilihan, yaitu para seller yang masih baru tapi sudah menunjukkan dedikasinya dalam berdagang di Fiverr.

Ratusan Dolar dari Fiverr Setiap Bulan

Berikut laporan pendapatan saya selama satu tahun yang dimulai dari pembeli pertama saya(di bagian paling bawah). Yang perlu diingat, bahwa Fiverr mengambil fee sebesar 20% dari pendapatan kita, dan laporan di bawah ini sudah bersih, atau 80% dari pendapatan kotor.

screenshot-www.fiverr.com 2016-08-31 10-24-01

Gambar di atas dapat menjadi motivasi bagi kamu jika ingin mulai menjadi seller di Fiverr. Dengan menjaga profesionalitas dan dedikasi kepada pelanggan, siapapun termasuk kamu salah satunya, pasti bisa mendapatkan penghasilan yang lebih dari itu. Amien.

Tapi, tentu dalam prosesnya hal itu tidak bisa dikatakan sebagai suatu hal yang mudah. Tapi juga bukan berarti hal yang terlampau sulit.

Maka dari itu pada artikel berikutnya yang berjudul Tips jualan di Fiverr, saya akan membagikan beberapa tips untuk memulai karir sebagai freelancer dan berdagang di Fiverr berdasarkan pengalaman pribadi saya.

2 thoughts on “Buka-bukaan: Antara Saya dan Fiverr (Part 3)

Leave a Comment