Tips Jualan di Fiverr: Menurut Pengalaman Saya (Part 2)

67704_c9de_8

Kalau kamu belum membaca Tips Jualan di Fiverr: Menurut Pengalaman Saya (Part 1), baca dulu ya…

Jadi, artikel ini adalah lanjutan dari tips-tips yang saya sampaikan tentang menjual jasa atau layanan di Fiverr di part sebelumnya.

Karena pada pada part sebelumnnya saya sudah menuliskan 5 poin, jadi di artikel ini akan saya mulai dari poin ke-6.

Baiklah, langsung saya mulai ya…

6. Match it!

Sumber: computerprofile.com

Kalau bisa, diusahakan dalam menulis judul, deskripsi, dan tag itu disamakan, atau dibuat matching.

Menuliskan paling tidak satu keyword yang sama di ketiga hal tersebut akan membantu kamu dalam ranking pencarian di Fiverr.

Juga, kalau kamu menawarkan pelayanan yang terfokus, jangan hanya menggunakan tag terokus, tapi juga gunakan tag yang lebih umun juga, sehingga Gig kamu akan muncul di halaman kategori yang lebih besar dan menjangkau lebih banyak orang.

7. Review Positif adalah Asset

Sumber: webalive.com.au

Reviw yang bagus membangun kepercayaan dan menarik calon pembeli untuk membeli Gig kita.

Lakukanlah semua hal yang bisa kamu usahakan untuk menyenangkan pelangganmu dan dapatkan review 100%, atau bintang lima, dan jangan pernah membeli atau membuat review palsu.

Jika Gigmu tidak istimewa, para pembeli akan melihatnya melalui review palsu tersebut, dan menganggap bahwa kamu mengakali Gig kamu.

Apalagi kalau kamu adalah penjual baru, kamu mendapat ranking spesial dari Fiverr, tapi ketika kamu mulai mengakali Gig kamu dengan pesanan palsu, kamu akan kehilangan ranking spesial tersebut.

8. Tulis Judul yang Unik

Sumber: msecnd.net

Salah satu alat yang terbaik untuk kamu agar bisa meningkatkan kesempatan untuk mendapatkan perhatian dan membuat penjualan adalah meta analisis.

Apa itu meta analisis?

Meta analisis itu maksudnya adalah melakukan analisa dari beberapa analisa.

Contohnya, lihatlah seorang penjual di kategori kamu yang sukses. Bagaimana dia menulis judul? Lihat keyword di judulnya dan pikirkan bagaimana itu disana. Kemudian, lakukan hal yang sama dengan penjual sukses lainnya di kategorimu.

Lakukan berulang-ulang dan terus-menerus, sampai kamu mulai bisa melihat polanya. Kalau kamu ingin melakukannya dengan lebih mudah, kamu bisa menggunakan online word-cloud generator untuk mengumpulkan semua judul dari penjual-penjual besar di kategori kamu.

Kamu akan melihat pola yang muncul. Ada alasan mengapa ada kata-kata tertentu yang terpilih.

Satu lagi, di judul jelaskan secara tepat apa yang bisa kamu berikan untuk $5.

9. Tulis Deskripsi yang Mantap

Sumber: askideas.com

Lakukan hal yang sama seperti yang kamu lakukan pada judul. Kata-kata apa yang sering digunakan oleh para penjual yang sukses berjualan di Fiverr.

Para penjual ini tidak bekerja sama, tapi ada meta analisis yang menunjukkan bahwa ada hal yang sama di antara mereka secara umum. Sekali lagi, saya katakan bahwa ada alasan untuk ini.

Dan ingat, jangan hanya meng-copy kata per kata dari Gig lain, karena itu ide yang buruk. Ok?

10. Paragraf dan Poin-poin

Juga, perhatikan format dan paragraf dari deskripsi Gig dari para penjual sukses.

Para pengunjung menyukai penulisan daftar (list), dan pasti ada alasan mengapa para penjual sukses memblok tulisan yang fokus pada satu hal dalam satu waktu.

11. Grammer, Spelling, dan Punktuasi

Karena situs Fiverr menggunakan Bahasa Inggris, dan para pembeli juga menggunakan Bahasa Inggis, maka kita sebagai penjual juga harus menyesuaikan diri dengan target pasar.

Kita mesti mempelajari Bahasa Inggris sampai ke penggunaan grammer, spelling, dan punktuasi-nya. Karena dengan faktor-fakto ini, Gig kita akan terlihat lebih professional.

Kalau kamu merasa belum terlalu pandai berbahasa Inggris, dan merasa kurang pede, ada banyak penjual di Fiverr yang menawarkan jasa menulis deskripsi. Beli saja dari mereka.

Leave a Comment