Tempat Wisata di Palembang yang Mesti Kamu Kunjungi

Palembang merupakan ibu kota dari salah satu provinsi di Indonesia, yakni Sumatera Selatan. Selama ini, Palembang selalu dikaitkan dengan makanan khasnya yang terbuat dari ikan tenggiri, yakni Pempek, dan juga kota yang terkenal akan kerajaan maritim terbesar di nusantara, yaitu Kerajaan Sriwijaya.

Padahal, selain makanan khas dan budayanya, ada banyak lagi yang menarik mengenai kota Palembang, termasuk tempat wisatanya. Di mana saja tempat wisata menarik di Kota Sriwijaya ini ? Berikut ini informasinya.

Tempat Wisata di Palembang

1. Jembatan Ampera

ksmtour.com

Jika Amerika Serikat memiliki jembatan indah bernama Golden Gate di San Fransisco. Maka di Indonesia, khususnya kota Palembang memiliki Jembatan yang sudah menjadi ikon dan lambang kota, yakni Jembatan Ampera. Didirikan sejak tahun 1962, Ampera menghubungkan antara seberang ulu dan seberang ilir yang terpisahkan oleh Sungai Musi.

Jembatan ini menjadi tempat wisata favorit karena pemandangannya yang indah, dan spot berfoto yang bagus. Selain itu, anda juga bisa menemukan toko yang menjual aneka makanan khas Palembang dan oleh-oleh untuk dibawa pulang ke rumah. Dulu Jembatan Ampera bisa membelah menjadi dua dan dilewati banyak kapal besar, namun fungsinya sudah dihentikan sejak lalu lintas air di Sungai Musi juga tidak terlalu ramai.

2. Masjid Cheng Ho

indonesiakaya.com

Anda ingin wisata religi? Jangan khawatir, karena Palembang juga memiliki tempat wisata religi yang pas. Masjid Cheng Ho merupakan Masjid yang popular akan keunikannya, di mana anda tidak bisa menemukannya di tempat lain. Hal yang membuat Masjid ini berbeda tentu saja arsitekturnya yang bergaya sangat Tiong Hoa dengan cat berwarna merah, dalam budaya Cina warna merah yang melambangkan kebahagiaan. Masjid ini didirikan dengan tambahan unsur budaya Cina sehingga membuat penampakan Masjid Cheng Ho sangat berbeda. Sangat banyak wisatawan yang berkunjung, terutama umat muslim dari Malaysia, Taiwan, dan Hongkong.

Saya juga sudah menuliskan artikel tentang Masjid Cheng Ho, silahkan dibaca… 🙂

3. Taman Hutan Wisata Punti Kayu

lihat.co.id

Taman Hutan Wisata Punti Kayu merupakan tempat wisata hutan yang tersedia di Palembang. Dengan jarak sekitar 7 KM dari pusat kota, Taman Hutan Kayu menyajikan banyaknya hutan pinus dengan harga tiket masuk yang murah, yakni hanya 5 – 10 ribu rupiah perorang. Hutan Punti Kayu buka mulai pukul 9 pagi hingga pukul 4 sore.

Hutan Punti Kayu ini merupakan hutan pinus terluas di Nusantara dan cocok sekali untuk anda yang ingin melepas penat dan bosan dengan suasana perkotaan. Apalagi jaraknya yang tidak jauh dari perkotaan pasti membuat anda ingin kembali lagi dan berwisata disini.

4. Benteng Kuto Besak

infohotel.co

Benteng Kuto Besak merupakan satu tempat wisata yang paling dibanggakan. Benteng ini juga termasuk wishlist wisatawan ketika berkunjung ke Palembang. Benteng Kuto Besak merupakan saksi perjuangan melawan penjajah, baik ketika jaman Belanda, maupun di jaman Jepang. Dari Benteng Kuto Besak, anda dapat melihat banyak sekali kapal berlayar di Sungai Musi, sehingga anda dapat menikmati pemandangan yang tidak bisa ditemukan di kota lain.

5. Pulau Kemaro

kapanlagi.com

Pulao Kemaro merupakan tempat wisata religi lain di kota Palembang diperuntukan bagi umat Budha. Terdapat sebuah Vihara bersejarah yang menarik bagi pengunjung, khususnya umat Budha yang ingin berdoa di Vihara tersebut, apalagi umat Budha di Palembang cukup banyak jumlahnya, mengingat budaya China memang sangat kental di Palembang. Pulau yang terletak di tengah Sungai Musi ini juga memiliki wisata lain, di antaranya adalah pohon cinta.

Tempat Wisata Palembang Lainnya

Wisata bersejarah lainnya adalah makam putri Palembang yang meninggal setelah menikah dengan anak raja Cina dengan cara menenggelamkan diri di sungai Musi dan wisata pemandangan yang disuguhkan oleh Pulau Kemaro. Dengan jarak yang tidak terlalu jauh, Pulau ini berjarak hanya 6 KM dari tempat wisata utama Palembang, yakni Jembatan Ampera dengan menggunakan kapal sungai untuk menempuhnya.

Masih banyak lagi tempat wisata yang bisa anda kunjungi di Palembang, seperti Air Terjun Lematang, Gelora Sriwijaya sebagai tempat berlatih dan bertanding klub besar Sriwijaya FC, dan tempat lainnya, yang tentunya menampilkan budaya dan ciri khas Palembang, serta tidak bisa ditemukan di tempat lain.

Tinggalkan komentar