Tips Jualan di Fiverr: Menurut Pengalaman Saya (Part 1)

67704_c9de_8

Pada part ke-3 (terakhir) dari seri Buka-bukaan: Antara Saya dan Fiverr, saya menjanjikan untuk membagikan beberapa tips untuk kamu agar bisa memulai karir sebagai freelancer dan berjualan di Fiverr dengan lebih mudah.

Mungkin tidak perlu berlama-lama, langsung saja. Inilah beberapa tips berjualan di Fiverr menurut pengalaman saya.

1. Mengesankan

Kita harus menjadi seller yang mengesankan. Dalam kata lain, kita mesti menawarkan sesuatu yang menarik untuk dibeli.

Ber-value. Maksudnya, tawarkan sesuatu yang berbobot. Sesuatu yang bernilai. Sesuatu  yang pantas untuk dibayar.

Mengapa?

Mudah saja. Para calon pembeli tidak akan membeli apa yang kamu jual jika itu hanya akan menghabiskan uang mereka tanpa mendapatkan apa yang mereka cari.

Di Fiverr, ada begitu banyak kesempatan. Kita bisa menjadi apa saja. Ada banyak Gig tidak menarik, dan ada beberapa yang terlihat awesome.

Tinggal kita yang memilih untuk menjadi bagian yang mana.

Kalau kita ingin menjadi seperti kebanyakan penjual, ya jangan terlalu serius, buat penawaran yang biasa saja, tampilkan citra yang biasa, berikan kualitas yang biasa saja, layani pelanggan dengan cara yang biasa (kalau ada).

Tapi, kalau kita ingin menjadi salah satu dari penjual nomor atas, mesti memberikan yang terbaik. Kita mesti menjadi seorang ahli di bidang yang kita tawarkan, dan kalau belum, ya belajar untuk menjadi lebih baik di bidang yang kita tawarkan.

Intinya, bagaimana kita menonjolkan diri diantara para seller lainnya. Terkhusus yang menawarkan Gig dengan bidang dan jasa yang sama.

2. Ramah

Pada poin sebelumnya, sudah saya singgung mengenai pelayanan yang awesome ini. Lebih jelasnya begini…

Kita harus menjadi customer service yang handal. Mungkin kedengarannya agak sedikit tidak nyambung, tapi memang kita harus membuat calon pembeli dan pelanggan kita menjadi orang yang penting bagi kita.

Respon pesan dari pembeli dangan cepat. Berkomunikasilah dengan kata-kata yang sopan dan bijak.

Intinya, kita harus membuat mereka merasa seperti orang yang spesial dan penting. Karena kenyataannya adalah kelangsungan karir kita di Fiverr bergantung pada testimoni positif dan pelanggan tetap.

3. Selesaikan dengan Cepat

Semua pelanggan kita tentunya ingin menjadi prioritas kita. Sayangnya, kita tidak bisa melakukan itu.

Jadi, kita mesti mengatur delivery time atau waktu pengiriman minimal 2 hari untuk memberikan sedikit ruang jika kita berhalangan untuk menyelesaikan pekerjaan dari orderan pelanggan kita. Misalnya sakit, atau sedang benar-benar tidak mood.

Kita juga bisa memilih untuk menggunakan fitur extra-fast delivery yang disediakan Fiverr. Saya sarankan kamu menggunakannya, karena kita bisa mengatur waktunya sesuai kebutuan kita.

Contohnya, waktu standar pengiriman adalah 2 hari, dan extra-fast dalam 1 hari. Atau, waktu standar pengiriman 4 hari, dan extra-fast 2 hari, dan sebagainya.

4. Kata Terakhir

Baik seller maupun buyer bisa sama-sama memberikan testimoni.

Berikan kata-kata yang unik untuk setiap testimoni. Pembeli kita akan selalu membaca testimoni kita sebelum membeli apapun dari kita, dan ini adalah kesempatan pertama kita untuk menunjukkan kepada meraka bagaimana kita melayani pelnggan kita sebelumnya.

Dan lebih penting lagi, bagaimana kita akan melayani mereka nanti ketika mereka membeli layanan kita.

5. Promosikan Diri

Jika kamu seorang penulis misalnya. Buatlah sebuah blog untuk mempromosikan tulisanmu. Kalau kamu tidak suka menulis dan lebih suka membuat video, buatlah channel Youtube.

Fokuslah pada hal-hal yang menyenangkan, jadilah diri sendiri, dan bagikan hal-hal yang menarik di sana.

Kalau kita hanya menggunakan Fiverr untuk menjual layanan atau jasa kita, maka kita akan cepat sekali diabaikan oleh calon pembeli.

Belum cukup sampai disini. Masih banyak poin-poin yang akan saya sampaikan di Tips Jualan di Fiverr: Menurut Pengalaman Saya (Part 2).

Tinggalkan komentar